Sunday, June 21, 2009

Confederasi

Spanyol Rekor, Afsel Lolos
Narayana Mahendra Prastya - detiksport


David Villa (Reuters)
Jakarta - Spanyol mengukir rekor 15 kemenangan berturut-turut usai menundukkan Afrika Selatan. Sementara meski kalah, Afsel tetap lolos ke semifinal.

Dalam laga yang digelar di Stadion The Free State, Bloemfontein, Minggu (21/6/2009) dinihari WIB, Spanyol mengatasi Afsel 2-0 lewat gol David Villa menit ke-51 dan Fernando Llorente menit ke-76.

Kemenangan ini merupakan yang ke-15 kali secara berturut-turut yang dibukukan La Furia Roja. Catatan itu juga menjadi rekor kemenangan terbanyak yang dibukukan sebuah tim nasional. Juara Piala Eropa 2008 itu juga mencatat hasil tak terkalahkan dalam 35 pertandingan terakhri.

Sementara itu, meski kalah Afsel tetap lolos ke semifinal. Aaron Mokoena dkk. finish di posisi kedua klasemen akhir dengan poin empat. Poin mereka gagal dikejar pesaing terdekat, Irak, yang di waktu yang sama bermain imbang 0-0 melawan Selandia Baru.
Jalannya Pertandingan Empat menit laga berjalan, Spanyol melancarkan serbuan lewat tendangan bebas Albert Riera. Kiper Itumeleng Khune sukses mementahkan sepakan Riera. Dua menit berselang, giliran David Villa yang mengancam tuan rumah. Namun sundulan Villa masih melambung dari sasaran.

Setelahnya, Afrika Selatan mencoba mengimbangi Spanyol. Beberapa kali tusukan-tusukan tuan rumah yang dimotori Steven Pienaar dan Macbeth Sibaya memaksa pertahanan Spanyol bekerja keras.

Juara Eropa kembali mengancam ketika laga memasuki menit ke-34. Tendangan Torres bisa dihentikan oleh Khune. Namun bola masih mengarah pelan ke arah gawang Afsel. Bek Matthew Booth langsung membuang bola tersebut.

Selanjutnya, giliran Afsel yang melancarkan serangan. Namun sepakan Bernard Parker masih mengarah jauh dari sasaran. Lima menit menjelang jeda, tuan rumah kembali punya peluang. Namun kali ini tendangan Teko Modise dari luar kotak penalti masih menyamping.

Dua menit selepas turun minum, Spanyol kembali berpeluang. Kali ini sepakan Xavi Hernandez masih menyamping dari gawang Khune. Peluang terbaik Spanyol hadir menit ke-51 lewat titik putih. Penalti diberikan usai Fabregas dijatuhkan Aaron Mokoena. Namun eksekusi David Villa sukses dihentikan Khune. Bola muntah disambut Carlos Puyol. Lagi-lagi, Khune bisa mengamankan gawangnya.

Semenit berselang Villa menebus kesalahannya.. Berdiri tanpa kawalan ketat, Villa sukses menceploskan gol ke gawang Afsel. Gol ini berawal dari umpan Sergi Busquets. Dengan sekali kontrol dada, striker Valencia itu langsung menembakkan bola guna merobek gawang tuan rumah.

La Furia Roja menggandakan keunggulan di menit ke-72 lewat pemain pengganti Fernando Llorente. Gol ini berawal dari bola yang dikirim Xavi ke dalam kotak penalti Afsel. Selanjutnya, bola jatuh ke kaki Fabregas. Gelandang Arsenal ini mencoba menembak namun bola tak terlalu sempurna.

Si kulit bundar kemudian mengarah ke Llorente, dan selanjutnya pemain milik Athletic Bilbao itu melepas tendangan datar guna membaw Spanyol semakin menjauh.

Tujuh menit menjelang bubaran, Parker mengancam gawang Spanyol. Pepe Reina yang menjaga mistar tim Matador sukses mengnhentikan peluang Afsel. Semenit setelhanya, Santi Cazorla hampir membawa Spanyol menjauh, namun Khune sukses menghalau bola.

Skor 2-0 bertahan hingga peluit akhir.

Susunan pemain

Afrika Selatan: Khune; Gaxa, Mokoena, Booth, Masilela, Pienaar, Sibaya [Mashego 82'], Dikgacoi, Mhlongo, Modise, Parker [Tshabalala 90']

Spanyol: Reina; Puyol, Albiol, Pique, Arbeloa, Busquets, Xavi, Fabregas, Riera [Cazorla 80'], Villa [Llorente 60'], Torres [Pablo Hernandez 60'] ( nar / din )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda! 

No comments: